Rabu, 07 Maret 2018

sejarah kota bandung

Kata Bandung asal mulai sejak kata cegah atau waduk dikarenakan terbendungnya anak sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Parahu yg dulumencetak telaga. Legenda yg diceritakan oleh beberapa orang lanjut usia di Bandung menyampaikan bahwa kualitas Bandung diambil awal satu buahkendaraan air yg terdiri awal dua perahu yg diikat bertaut yg dinamakan perahu bandung yg difungsikan oleh adipati Bandung, R.A. Wiranatakusumah II, buat melayari Ci Tarum dekat mengejar ruang letak kabupaten yg baru pada menukar ibukota yg obsolet di Dayeuhkolot.

menurut filosofi Sunda, kata Bandung semula bersumber awal kalimat Nga-Bandung-an Banda Indung, yg yaitu kalimat sakral dan terkenaldikarenakan mengandung sila falsafah Sunda. Nga-Bandung-an artinya melihat atau membenarkan. Banda merupakan segala benda yg kaya di alam pandangan hidup merupakan di darat dan jumantara, bagus makhluk pandangan hidup ataupun barang mati. persamaan kata bersumber banda merupakan aset. Indung berarti Ibu atau darat, dinamakan masih yang merupakan Ibu Pertiwi ruang Banda berada.

berasal Bumi-lah seluruhnya dilahirkan ke alam pandangan hidup yang merupakan Banda. Segala objek yg kaya di alam pandangan hidup merupakanBanda Indung, adalah darat, air, negeri, api, pohon, satwa, orang dan segala mengisi perut tanah. angkasa yg kaya di luar hawa yakni ruang yg melihat, Nu Nga-Bandung-an. yg dinamakan yang merupakan Wasa atau Sang Hyang Wisesa, yg berwajib di jumantara tidak dengan peluang dan seluruhnyaalam global termasuk juga darat. menjadi kata Bandung memiliki sila filosofis yang merupakan alam area segala makhluk pandangan hidup ataupunbarang mati yg lahir dan sedang di Ibu Pertiwi yg keberadaanya disaksikan oleh yg Maha Kuasa.

Kota Bandung dengan cara geografis memang lah kelihatan dikelilingi oleh pegunungan, dan ini memberi tahu bahwa kepada periode dulu kota Bandung memang lah ialah satu buah telaga atau situ. Legenda Sangkuriang adalah legenda yg mengatakan bagaimanakah terbentuknya situ Bandung, dan bagaimanakah terbentuknya Gunung Tangkuban Perahu, dulu macam mana lagi keringnya situ Bandung maka melengah-lengahkan cekungan seperti saat ini ini. Air berasal situ Bandung perlu legenda tercatat repih lantaran berputar lewat suatu gua yg bernama Sanghyang Tikoro.

negara terakhir sisa-sisa situ Bandung yg jadi krispi ialah kamu Aksan, yg kepada thn 1970-an berulang ialah situ area berpariwisata, walaupun waktu ini telah jadi tanah perumahan pada permukiman.

Kota Bandung sejak mulai dijadikan juga sebagai tempat permukiman sejak pemerintahan kolonial Hindia Belanda, lewat Gubernur Jenderalnya dikalaitu Herman Willem Daendels, menjadikan informasi ketetapan copot 25 September 1810 berkenaan pembangunan media dan prasarana terhadap zonaini. Dikemudian hri histori ini diabadikan yang merupakan hri menjadi kota Bandung.

Kota Bandung dengan cara jadi menerima kedudukan gemeente (kota) awal Gubernur Jenderal J.B. van Heutsz terhadap copot 1 April 1906[11] dgn luas daerah kala itu seputar 900 ha, dan menaik jadi 8.000 ha terhadap th 1949, hingga terakhir melaju jadi luas negeri diwaktu ini.[12]

untuk musim perang keleluasaan, buat 24 Maret 1946, sebahagian kota ini dibakar oleh sekitar pembebas kelepasan juga sebagai bidang pada taktikperang disaat itu. histori ini dikenal bersama nada Bandung Lautan Api dan diabadikan pada lagu Halo-Halo Bandung. terkecuali itu kota ini setelah ituditinggalkan oleh sebahagian penduduknya yg menghindar ke negeri lain.

guna copot 18 April 1955 di penginapan Merdeka yg dulu bernama Concordia, Jl. Asia Afrika, saat ini, berseberangan bersama Hotel Savoy Homann, diadakan guna awal kalinya Konferensi Asia-Afrika yg seterusnya lagi KTT Asia-Afrika 2005 diadakan di kota ini guna 19 April-24 April 2005.

guna gugur 24 April 2015, Konferensi Asia-Afrika tengah diadakan di kota ini sesudah luruh 20 April-23 April 2015 terjadi di Jakarta.

sejarah kota bandung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Juragan furniture Jepara

0 komentar:

Posting Komentar